Friday, August 12, 2005

Tak ada tempat buat orang kecil...

Semenjak aku jadi gelandangan di Jakarta, ke mana-mana aku lebih banyak naik angkutan umum atau jalan kaki. Berbeda dengan dulu sewaktu masih bekerja di kantor, ke mana-mana pake motor. Bahkan bisa gonta-ganti motor karena di kantorku ada 2 motor. Eh, dulu malah ada 3 ding. Motor boss-ku "Honda Tiger" sebelum dijual sering ditinggal di kantor dan aku yang sering pake motor itu.

Jadi gelandangan jelas gak punya tempat tinggal tetap. Kerja juga gak di satu tempat, kadang-kadang sehari bisa 2 s/d 3 tempat yang harus didatangi. Tidak selalunya setiap jalan dari satu tempat ke tempat lainnya aku naik angkutan umum. Kalo merasa sanggup dijangkau dengan jalan kaki, aku lebih suka jalan kaki. Selain ngirit, bebas macet, juga bikin fisik kuat.

Tapi sayang beribu sayang, tempat bagi pejalan kaki terasa kurang leluasa. Di Jakarta, trotoar semakin menyempit. Sudah gitu, di trotoar tumbuh lapak-lapak para pedagang. Yang terjadi, antara jalan untuk pejalan kaki dan jalan untuk kendaraan umum menjadi satu. Kadang-kadang di jalan aku sok menjadi raja jalanan. Mentang-mentang aku cuma jalan kaki, pemakai kendaraan bermotor main klakson saja meminta aku minggir/memberi jalan kepada mereka agar mereka cepat sampai di depan. Karena aku merasa juga pemakai jalan dan posisiku sudah di pinggir, enteng saja menanggapi mereka. Tetep anteng jalan tanpa peduliin mereka.

Jakarta memang macet, amat sangat macet. Apalagi kalo jam-jam sibuk seperti jam berangkat kerja/sekolah dan jam pulang kerja/sekolah. Hampir seluruh jalan di Jakarta macet. Temanku (Bang Muluk) dari Malaysia heran dengan kemacetan di Jakarta. Katanya, terlalu banyak kendaraan di Jakarta ini. Berbeda dengan di Malaysia, kalopun macet tidak separah dengan di Jakarta. Di sana juga lebih banyak mobil merk dalam negeri daripada mobil merk Jepang, Korea ataupun merk mobil eropa/amerika. Di sana juga banyak pejalan kaki. Dia sendiri ke mana-mana lebih suka jalan kaki.

Semoga kelak pejalan kaki lebih diperhatikan nasibnya. Bagaimanapun juga, pejalan kaki adalah orang paling irit, hemat BBM, bebas polusi, bebas tilang, paling nggak bikin macet asal dikasih tempat khusus (gak menyatu dengan jalan umum). Semoga ada yang mau ngasih AWARD buat pejalan kaki.... hehheheheh :p

Menghayal sampe pagi!!!!!