Friday, July 01, 2005

Tentang Buku...

Beberapa hari ini aku mondar mandir di Istora Senayan buat sekedar refreshing mengisi waktu yang kosong selama jadi pengangguran. Dari tanggal 25 Juni sampai tanggal 3 Juli 2005 ada event Jakarta Book Fair 2005. Pesertanya cukup banyak dengan koleksi buku yang beraneka ragam mulai dari buku anak-anak, buku remaja, buku agama, buku-buku Islami, Ensiklopedia, buku-buku keterampilan dan masih banyak lagi. Justru yang nggak ada di sana buku-buku pelajaran anak sekolahan. Kalopun ada jumlahnya sedikit.

Aku sebenarnya bukanlah kutu buku, malah boleh dibilang nggak suka baca buku. Dari buku-buku sekolah yang dulu aku punya sewaktu SD, SMP dan STM, rasanya nggak ada satu buku-pun yang aku baca sampe habis. Kalopun ada, justru buku-buku yang aku beli setelah lulus sekolah yang jumlahnya nggak seberapa banyak. Pernah waktu masih sekolah di Jogja, aku beli majalah ANGKASA dan majalah Teknologi Strategi Militer bekas. Kalo untuk majalah macam ginian, dari halaman sampul sampai halaman buntut bisa aku baca semuanya. Maklum aku suka artikel yang berbau teknologi perang modern.

Kembali ke soal Jakarta Book Fair, selama berlangsungnya event itu aku sudah beli 2 buah buku. Buku berjudul "Diary Kehidupan 3" aku beli hari ke 3 setelah pembukaan, sedang buku berjudul "Kaya Tanpa Bekerja" aku beli kemarin sore. Meskipun buku kedua aku beli belakangan, tapi aku sudah hampir selesai membacanya. Buku "Kaya Tanpa Bekerja" isinya sangat bagus, provokatif dan bahasanya mudah dipahami. Aku nggak mau mengurai isi bukunya di sini, nanti dikira promosi. Tapi menurut aku, judul buku nggak sesuai dengan isinya.

Eh, ada yang aneh. Ternyata aku lebih bisa membaca buku kalo di tempat rame. Misalnya di pinggir jalan, di mall atau tempat keramean lainnya. Kalo baca buku di tempat sepi biasanya gak konsen, malah menghayal ke mana-mana sampe ke yang jorok segala :D. Apalagi kalo deket-deket komputer online, jangan harap buku bakalan aku baca, lebih asikan chatting & browsing.

Sedih memang, umur sudah 1/4 abad tapi minat baca rendah. Jumlah buku yang aku baca juga sedikit banget... amat sangat sedikit banget malahan. Ada teman yang punya hobi baca, satu minggu 1 buku. Berarti kalo satu bulan ada 4 minggu, sudah 4 buku dia baca. Nah, kalo aku satu bulan 1 buku saja sudah terlalu bagus. Padahal belum tentu satu bulan aku beli buku. Parah banget kan!!!!

Enak kali ya kalo ada yang mensuplay aku buku-buku gratis, sapa tau dengan buku gratisan bisa bikin minat bacaku naik. Aku juga punya niat buat bikin perpustakaan di Mushola kampungku. Niat itu keluar waktu aku pulang kampung sebulan yang lalu. Hanya saja kalo mengandalkan buku-buku bacaanku, rasanya koleksinya gak bakalan berkembang. Ada yang mau menyumbang?!? Itung-itung beramal. Kalo bisa buku-buku untuk anak-anak dan remaja.

Yang mau nyumbang bisa menghubungi aku di HP 08161126125 atau lewat email djonkjava@yahoo.com.