Tuesday, April 19, 2005

Bad Day....

Huahhhhhhh... hari ini bener-bener hari yang sangat buruk. Dari bangun tidur saja sudah males menatap sang fajar mengintip dari celah-celah kerei jendela. Sebenarnya bukan hari ini saja sih, tapi belakangan ini.

Bangun tidur trus nongkrongin komputernya mas Tri. Cek email n' buka-buka situs berita. Pfffff... liat judulnya doang, gak sampe baca beritanya. Dengerin In The End-nya Linkin Park keras-keras, biar tambah greng. Tapi malah kuping berasa dirasukin suara 1000 genderang. Tau sendiri kan lagu-lagunya Linkin Park gak ada yang slow.

Selesai mandi aku langsung turun. Aku liat mbak Sisca dah duduk manis di mejanya. Aku bilang sama dia kalo aku mau resign. Aku minta dibikinin surat pengunduran diri. Bukannya bikinin malah dia ngeluh... suruh aku sabar dulu. Suruh aku ngomong dulu sama Boss. Wah... pusing deh!!!

Hmmm, akhirnya aku nyalain komputerku sendiri. Aku buka MS Word, ngetik sendiri surat pengunduran diri. Tapi bingung bikinnya... perasaan tadi pas dipandu sama mbak Sisca kalimatnya sudah bener, tapi giliran mau ditulis kok lupa semua. Akhirnya aku minta bantuan teman chat dari Medan. Eh, dia palah gak percaya kalo aku mau ngundurin diri. Aku memang pernah bilang sama dia kalo mundurnya paling cepat 2 bulan lagi dan paling lambat akhir taon. Aku bilang saja kalo aku sudah gak betah. Akhirnya dia bersedia bikinin, tapi trus sign out. Lama aku tunggu kok nggak nongol-nongol itu cewek, malah sampe tulisan ini ditulis... permintaanku gak dikirim juga.

Jam 10:30an Boss-ku datang. Liat penampilannya tampak kusut. Pas dia sudah di ruangnya, aku dipanggil. Biasa lah.... ngasih kerjaan aku. Kabel-kabel yang sudah aku susun minta dirapiin lagi. Memang sih keliatan masih berantakan, kabel belum aku kasih protektor. Masih kelaweran di sana sini. Akhirnya aku rapiin... beli protektor sampe kehujanan segala. Pas pulangnya, tampang boss sudah sedikit cool. Aku juga santai ngerjain kerjaanku.

Agak siangan, ibu mas Lucky telpon. Mas Lucky kemarin pesan supaya aku ambil Laptop di rumahnya kalo ibu-nya sudah di rumahnya. Kebetulan pas ibu-nya telpon, beliau mengabarkan kalo dia lagi di fisio terapi. Akhirnya aku tinggal makan dulu. Pas aku makan, mbak Sisca ngabarin kalo ibu Mas Lucky barusan telpon. Sebelumnya aku bilangin kalo sopirnya Mas Lucky mau nganter duit buat bayar tagihan kartu kredit. Ibu mas Lucky bilang kalo dia mau telpon lagi.

Pas aku selesai makan, ibu mas Lucky telpon lagi. Yang terima Mbak Sisca. Entah apa yang mereka omongin, tiba-tiba suasana jadi nggak sedap. Mbak Sisca bilang ke Ibu Mas Lucky kalo aku nggak ke rumah Mas Lucky karena sopir mas Lucky yang mau ke kantor. Ternyata ada yang salah paham. Akhirnya aku bicara sama ibu Mas Lucky. Tapi nada bicara ibu mas Lucky terdengar emosi. Aku coba menjelaskan masalahnya dianya gak mau disela. Ya sudah, aku cuman bilang minta ma'af sama beliau. Pas nutup telpon-pun tanpa mengucapkan salam seperti biasanya. Coba kalo mau dengar aku bicara, mungkin sedikit bisa meredakan suasana. Hmmm... susyah!!!!!

Seharian aku bolak balik ke ruang boss. Pasang periperal komputer yang baru dibelinya. Entah kenapa belakangan ini boss banyak beli peralatan komputer yang sebenarnya fungsinya masih bisa digantiin dengan inventaris kantor yang sudah ada. Padahal tiap hari orang-orang bank telpon nyariin dia karena kartu kreditnya belum dibayar. Malah mbak Sisca bilang kartu kreditnya sudah jatuh tempo. Hehhhh... dasar manusia, sudah dapet senengnya lupa kewajibannya.

Akibat nunggaknya pembayaran kartu kredit ini... kami orang-orang kantor tiap hari harus berbohong. Bohong sama orang-orang bank yang tiap hari nyariin boss. Telpon dari BCA kita bikin alesan Boss lagi keluar kota, telpon dari Mandiri kita bikin alesan Boss lagi cuti, telpon dari Standard Charter atau Citibank kita bikin alesan boss nggak masuk kantor. Pokoknya tiap hari kerjaannya bohong. Padahal aku paling nggak bisa bohong. Bikin cape pikiran.
Kalo liat siapa boss-ku sebenarnya, mustahil dia sampe dikejar-kejar orang Bank. Orang tuanya boleh dibilang seorang pengusaha kaya dengan saham bejibun di berbagai perusahaan besar. Tapi entah apa yang terjadi, boss lah yang tau.

Soal hutang, aku memang paling alergi. Sebisa mungkin aku berusaha untuk tidak berhutang. Dengan hidup sederhana dan seadanya... aku mencoba berhemat. Dari gaji yang aku terima, aku bisa menabung. Malah dari tabungan itu, aku bisa bantu adikku sekolah sampai lulus dan biayai mbakku nikah. Malah bisa ngasih pinjaman teman buat beli motor segala. Tapi sayang ada teman yang entah niat dari awal sengaja menipuku atau apa, sampai hampir 2 bulan dari waktu yang dia janjikan dia tidak juga ngembaliin pinjamannya. Aku coba telpon ke kantornya, orang kantornya bilang kalo dia lagi di Cilegon. Kalo ditanya kapan baliknya mereka pada nggak tau. Aku sampai ngirim fax ke kantornya surat perjanjian yang telah dia tanda tangani. Tapi nggak ada juga kabarnya. Belakangan aku telpon kantornya selalu nggak diangkat. Entah kantornya tutup atau pindah tempat.

Beberapa hari yang lalu aku cari-cari ID teman perempuan yang pernah dibawa ke kantorku. Akhirnya aku dapet juga ID-nya. Dari ID itu, aku kirim pesan ke email dan messenger si cewek itu (namanya Dini) . Aku jelasin secara gamblang dan minta segera segera ada tindakan dari Haki. Tapi sampai hari ini... si Haki gak ada kabar. Malah itu cewek bilang kalo dia sudah nggak berhubungan lagi dengan si Haki. Mampus aku, berarti satu sumber penting dah gak bisa lagi diharapkan.

Dari pengalamanku selama ini, sepertinya (penghutang) itu hanya senang berhutang tapi tidak senang untuk menunaikan kewajiban yaitu membayar hutangnya. Sebagian besar membayar hutang karena takut hukum atau dikejar-kejar penagih, bukan karena kesadaran pribadi. Surat perjanjian yang dibuat, sepertinya hanya sebagai sarana untuk memudahkan mendapatkan pinjaman. Entah berapa surat tagihan dari Bank yang mampir ke kantorku. Sebagian adalah tagihan kartu kredit bekas teman-teman kantorku yang sudah pindah kerja. Ada juga tagihan kartu Pasca Bayar HP yang jumlah tagihannya lumayan besar.

Sungguh begitu mudahnya berbuat keburukan, padahal berbuat kebajikan itu sangatlah mudah. Semoga mereka segera sadar sebelum ajal menjemput. Amin ya robbal 'alamin