Wednesday, December 16, 2009

Tanggung jawabku sebagai...

Setiap bulan Ramadhan tiba, setiap orang muslim pasti disibukkan dengan berbagai aktifitas keagamaan dan juga menyambut hari raya Idul Fitri. Hari raya yang datangnya hanya sekali dalam setahun ini dirayakan dengan rasa syukur, menandakan telah berakhirnya ujian sebulan penuh (meskipun yang menjalankan ibadah puasa hanya mereka yang benar-benar beragama Islam).

Bagi mereka para pekerja dan karyawan perusahaan, Idul Fitri atau yang lebih akrab disebut Lebaran sangat berarti karena mereka akan mendapatkan THR (nilainya sekitar 1 bulan gaji) dan juga cuti besar-besaran selama ± seminggu. Cuti bersama ini dimanfaatkan mereka untuk mudik dan bersilaturahim di kampung halaman.

Bagi aku yang wiraswastawan dengan 3 orang karyawan, lebaran kali ini sungguh menjadi sebuah tantangan/ujian. Aku harus siap dan ikhlas memberi THR yang sudah menjadi kewajiban mereka meskipun tidak semua mendapatkan nilai yang sama, tergantung masa kerja. Untuk lebaran kali ini, karena antara lebaran dan tanggal gajian hanya berselisih 10 hari, aku usahakan THR + gaji bisa aku berikan sekalian. Dengan demikian, kelak ketika lebaran telah usai aku nggak lagi memikirkan gaji mereka. Dengan cara ini pula, bagi karyawan yang akan mudik masih bisa membawa uang untuk dibawa mudik meskipun THR yang diterima nggak penuh.

Taqabalallahu mina wa minkum, taqabal ya karim. Minal aidin wal faidzin.....