Wednesday, December 16, 2009

Lebaran....

Allahu akbar... Allahu akbar... Allahu akbar. Laa ilaha illallahu allahu akbar. Allahu akbar walillaa hilkham.

Gema takbir diiringi rintik hujan berkumandang pada hari terakhir Ramadhan setelah Adzan Maghrib. Masjid-masjid ramai oleh orang-orang yang ingin mengagungkan nama-Nya dan memuji kebesaran-Nya. Aku pun segera menutup warnet agar tidak ada lagi yang datang, tapi ternyata ada beberapa orang yang datang dan aku tolak dengan alasan mau takbiran.

Sudah menjadi kebiasaanku setiap lebaran nggak ikut-ikutan mudik. Selain macet yang mengular, juga membutuhkan ongkos yang nggak sedikit. Jika dihitung, semenjak tahun 2000 aku hanya sekali berlebaran (Sholat Ied) di kampung. Selebihnya lebaran di Jakarta/Bekasi. Mudik aku lakukan paling cepat 2 hari setelah lebaran.

Setelah memiliki usaha sendiri (usaha rental komputer, game, warnet dsb), keinginan untuk mudik makin tidak ada sama sekali. Biar diongkosin sekalipun, tetep menolak untuk mudik. Alasan lain selain macet dan ongkos yang mahal adalah karena tempat usahaku tidak ada yang jaga. Dengan sistem keamanan yang kurang memadahi, jelas membuat pikiran tidak tenang kalo dipaksain mudik. Bisa saja dititipin ke orang lain, tapi nggak tega karena mereka jelas ingin menikmati lebaran bersama keluarga. Bahkan setelah memiliki 3 karyawan sekalipun, aku tetep lebih memilih nggak mudik dan membiarkan karyawan mudik/libur. Lagian dengan adanya karyawan, aku bisa pulang kapanpun tanpa harus menunggu lebaran.

Aktifitas selama nggak mudik, sewaktu masih kerja di Jakarta aku habiskan dengan berinternetan di kantor atau jalan-jalan dengan teman. Sejak 3 tahun yang lalu, lebaran aku habiskan di tempat usahaku. Dan ini memberi nilai tambah dari segi materi karena pada saat orang lain libur aku masih bisa buka. Banyak anak-anak dan orang dewasa yang nggak mudik menghabiskan waktu di tempatku. Jam operasional juga lebih panjang karena anak-anak pada jor-joran ngabisin duit lebaran mereka.

Jadi, kenapa harus mudik kalo masih ada rezeki yang datang sendiri!!!