Wednesday, October 20, 2004

Sebuah Surat yang Menggugah

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan sebuat email yang sangat menggugah. Petikan dari email ini berbunyi sebagai berikut:
"Saya berharap azafoundation tidak hanya peduli anak-anak yang kekurangan buku di kota, tapi juga yang di pedalaman/pelosok kalimantan. saya diminta beberapa kepala sekolah untuk mendapatkan buku-buku bacaan bagi siswa mereka. terutama untuk SLTP/MTs. Tentang ongkos kirim buku ke kalimantan, bisa kita diskusikan."

Bagi saya, surat itu lebih dari sekedar sebuah himbauan, melainkan sebuah jeritan yang gaungnya menembus hingga ke dalam kalbu. Saya tidak bermaksud membadingkan kehidupan masa kecil saya yang meskipun Ayah saya tidak termasuk orang kaya, akan tetapi saya mempunyai kesempatan untuk membaca begitu banyak buku. Tetapi, pada kenyataannya memang tidak banyak anak yang bisa memiliki akses kepada buku seperti masa kecil saya dulu. Betapa beruntungnya saya. Dan karenanya saya sangat bersyukur.

Tapi, saya juga bersedih hati. Dan kemudian saya bertanya-tanya: apakah kita tidak bisa saling bergandeng tangan untuk bisa saling berkontribusi kepada anak-anak kita sendiri?
Di AZA Foundation, sesungguhnya kami tidak melakukan apapun selain hal yang kecil saja. Itupun belum sepenuhnya bisa berjalan dengan lancar. Namun, barangkali saja melalui media ini kita bisa saling mengingatkan dan menyemangati. Ayo kita lakukan hal-hal kecil saja, bersama-sama. Bukankah sebuah gedung yang tinggi pun dibangun dari butir-butir pasir yang begitu kecil?

Bagi saya, tidak menjadi soal tentang `apa yang kita bisa lakukan'. Namun, apa yang sungguh-sungguh kita lakukan. Dan karenanya saya senang, disana-sini banyak orang yang begitu peduli, dan bersedia berkarya. Meskipun mereka mengatakan melakukan dengan apa adanya, namun, bagi saya – dan tentu saja bagi anak-anak yang diperjuangkannya – itu sudah lebih dari sekedar karya alakadarnya.

Sungguh menarik, ketika seseorang mentertwakan saya ketika tulisan saya tentang "Berkontribusi TIDAK harus dengan uang" muncul dimedia ini.

"Mana bisa kita bisa melakukannya tanpa uang?"

Dan saya tidak berkata apa-apa kepadanya.
AZA Foundation (www.geocities.com/azafoundation/ )

*************************************************************************

http://groups.yahoo.com/group/motivasi_net